Cara Install Windows Di Mac Tanpa Bootcamp

 

Cara Install Windows Di Mac Tanpa Bootcamp

Hal ini saya lakukan pada macOS x Lion dan menggunakan windows 8.1.

Pada case saya dengan macOS x Lion dimana di tahun 2019 windows 7 tidak support uefi yang berakibat flashdisk atau dvd bootable windows 7 installation tidak terdetect saat booting. Kemudian dimana bootcamp di macOS x Lion hanya support windows 7, maka saya lakukan cara install tanpa bootcamp.

Langsung saja Cara install Windows di Mac tanpa Bootcamp :

Step 1 : Pastikan flashdisk booting installer windows 8.1 dipastikan sudah ada, dengan cara download file ISO windows 8.1 di microsoft website resmi (untuk serial number bisa dapat free dari internet banyak), kemudian gunakan aplikasi rufus di windows untuk membuat flashdisk bootable windows 8.1 nya. Dengan ketentuan Partition Scheme : GPT dan format flashdisk dengan FAT32. Dua hal ini sangat penting. Atau pakai aplikasi unetbootin di mac – ketentuannya sama, FD Format MS-DOS (FAT).

Cara install Windows di Mac tanpa Bootcamp - Rufus Windows 8.1 Bootable GPT

Step 2 : Jika Flashdisk sudah ready dengan bootable windows 8.1 nya, maka sekarang kita masuk ke Macnya dan kita buat partisi HD di Mac kita untuk tempat menginstall WIndows nanti. Caranya masuk ke Disk Utilities, lihat dan klik ke HD yang aktif, klik tab Partition, klik tombol + atau dengan pilih 2 partitions, tentukan besar HD, Ganti nama dan Format dengan MS-DOS(FAT). Klik Apply. dan Partition.

Cara install Windows di Mac tanpa Bootcamp - Partition HD

Step 3 : Setelah itu ada 2 HD yang sudah terpisah. (Pastikan HD untuk install Windows jangan yang Hbryd MBR. Harus Yang GPT. Jadi kita butuh ubah manual HD mac nya dengan gunakan aplikasi GPT fdisk. Download disini dan install di mac nya.

Step 4 : Kemudian kalau mac anda diatas elCapitan maka butuh ubah system partisi csrutil ke disable. Kalau macOS Lion saya tidak butuh.

(Tambahan untuk mengubah system pastisi csrutil dengan restart Mac nya, trus sebelum nyala tekan COMMAND+R dan tahan. Masuk ke utilities menu, pilih terminal.
Ketik : csrutil disable; reboot (setelah semua langkah ini selesai enable fungsi ini lagi dengan cara yang sama dengan perintah : csrutil enable; reboot).

Step 5 : Karena tidak butuh ubah system partisi csrutil ke disable (artinya macOS LION csrutil nya sudah enable secara default), maka setelah install GPT fdisk saya masuk ke terminal macOS dan
ketik : sudo gdisk /dev/disk0
masukkan password dan enter.

Cara install Windows di Mac tanpa Bootcamp - Hybird MBR

Lihat hasilnya kalau ada hybrite MBR maka lakkukan step berikutnya :
ketik :
p enter
x enter
n enter
w enter
y enter
(kalau berhasil ada completed successfully) check lagi dengan ketik sudo gdisk /dev/disk0. Hasilnya harus sudah protective MBR.

Cara install Windows di Mac tanpa Bootcamp - Protective MBR - GPT

Step 6 : Sekarang kita sudah memiliki FD dengan bootable windows 8.1, HD partition yang sudah GPT dan protective MBR maka selanjutnya kita masuk ke langkah install windowsnya.

Step 7 : Tancaptkan FD nya kemudian restart mac dan tahan tombol alt untuk masuk ke system boot pilihan.

Step 8 : Pilih Boot melalui EFI boot atau FD yang sudah terisi ISO windows 8.1 nya. (Jika Flashdisknya Partition Scheme belum GPT dan Format bukan FAT32, maka bootable windows 8.1 nya tidak akan terdeteksi).

Step 9 : Install Windows 8.1 seperti biasa langkah2nya. Yang menjadi point yaitu pada pilihan HD, kita harus FORMAT Pastisi HD Windows sebelum diinstall. (Jika HD partition ini blm GPT dan protective MBR kita tidak akan bisa menginstall).

Cara install Windows di Mac tanpa Bootcamp - Error HD MBR

Cara install Windows di Mac tanpa Bootcamp - HD install windows

Step 10 : Setelah selesai install windows mac akan boot default dengan masuk ke windows. Kemudian kita butuh mendownload windows support nya agak fungsi-fungsi keyboard dan lain-lain bisa sama dengan pc windows. Bisa check windows support bootcamp nya di link ini.

Step 11 : Setelah itu kita butuh install windows supportnya yang compatible dengan mac dan windows nya. Kalau kasus saya saya download Boot Camp Support Software 5.1.5722 untuk windows 8.1 saya di macOS x Lion.

Selesai, Windows bisa berjalan normal di mac.

Adapun beberapa drive seperti sound dan grapic yang saya install terpisah dari file bootcampnya.

Oya, ini kasus saya pernah coba untuk install windows 10 di macOS x Lion dan berhasil namun setelah running windows 10 nya gak nyampe sehari udah crash berkali-kali dan akhirnya saya install downgread windowsnya ke 8.1 (kalau windows 7 sudah tidak terdeteksi karena bootablenya masi dengan scheme MBR sebagai default.

Logika ini bisa digunakan untuk install windows berapapun sesuai compatible nya macOS dan type mac nya. Silahkan coba.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Windows Vista build 5098

8 Ciri-Ciri VGA Pada Laptop Anda Mengalami Kerusakan

Windows Server 2008 (6.0 build 4028)